Home / Lainnya / Google Hentikan Layanan Pemendek URL Goo.gl

Google Hentikan Layanan Pemendek URL Goo.gl

Google Segera Hentikan Layanan Pemendek URL Goo.gl

Baru-baru ini, Google membuat pengumuman bahwa mereka segera menghentikan layanan short link goo.gl. Para pengguna masih bisa menggunakan layanan pemendek URL itu hingga 13 April 2018. Setelah itu, para pengguna baru atau anomin sudah tidak bisa lagi menggunakan layanan pemendek URL tersebut.

Namun bagi kamu pengguna lama dapat melihat Analytics Data dan bisa mengunduh informasi mengenai short link kamu dalam bentuk CSV Format selama satu tahun kedepan, 30 Maret 2019. Setelah itu Google akan menutup layananya tersebut secara penuh.

Google memperkenalkan pemendek URL itu pada tahun 2009. Peluncuran tersebut telah mengubah penggunaan internet dalam berbagi informasi sehingga layanan pemendek URL tersebut menjadi populer.

Firebase Software Engineer Michael Hermanto telah mengatakan bahwa langkah ini merupakan upaya Google untuk menggantikan layanan short link goo.gl dengan Firebase Dynamic Links (FDL) yang baru, memungkinkan pengguna untuk mengakses lokasi spesifik di Android, iOS maupun aplikasi internet.

Bagi pengguna lama short link masih bisa mempersingkat URL dan juga meyalin data dari goo.gl hingga batas waktu 30 Maret 2019.

Setelah itu, tautan tersebut yang telah diperpendek/persingkat, pengguna akan tetap dialihkan ke tautan yang asli. Namun, tautan tersebut tidak akan dimigrasikan ke layanan Firebase baru milik Google.

Anda dapat membaca informasi lengkapnya mengenai penutupan layanan Goo.gl, silakan akses alamat situs berikut ini: https://developers.googleblog.com/2018/03/transitioning-google-url-shortener.html

 
Copyright © 2018 Info Membosankan - All right reversed | Powered by Blogger