Home / Tips dan Trik / Tips Belanja Online Agar Aman

Tips Belanja Online Agar Aman

Di era sekarang teknologi sudah berkembang sangat pesat, salah satunya ialah toko online. Dimana sekarang, seseorang dapat melakukan pembelian produk yang diinginkan tanpa harus pergi ke toko penjualan produk tersebut.  Cukup dengan menggunakan smartphone atau komputer  yang terhubung dengan koneksi internet, kita sudah dapat melakukan pemesanan produk-produk yang diinginkan dengan mengunjungi halaman website toko online.
cara aman belanja online terbaru
Source: Freepik.com

Meskipun teknologi sudah berkembang dan memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan, kita tetap harus waspada dalam melakukan pembelian online. Berikut ini merupakan beberapa resiko saat melakukan belanja online.
  1. Penipuan akibat melakukan pembayaran pada website yang tidak aman.
  2. Penipuan akibat melakukan pembayaran menggunakan koneksi WiFi yang tidak aman.
  3. Toko online atau website palsu, dan tawaran produk atau layanan yang tidak ada.
  4. Membeli barang palsu secara sengaja atau tidak sengaja, menerima barang kualitas buruk, atau kejahatan lain yang lebih serius.
  5. Kehilangan uang pada saat melakukan pembayaran bank langsung, barang tidak pernah dikirim.
  6. Menerima barang ataupun layanan, tidak sesuai dengan deskripsi.
  7. Dan masih banyak lainya yang dapat merugikan kita.

TIPS BELANJA ONLINE AGAR AMAN

Belanja online secara aman berarti mengambil langkah pencegahaan dari penipuan yang dilakukan oleh orang tak bertanggungjawab. Berikut beberapa tips belanja online yang bisa kamu ikuti:

Pertama, Lakukan riset. Ketika menggunakan website baru yang belum pernah Anda lakukan pembelian, baca ulasannya dan  lihat apakah konsumen pengalaman positif atau negatif di website tersebut. Pastikan toko online tersebut telah memiliki reputasi yang baik dan cari juga alamat fisik maupun kontak dari toko online tersebut. Cara terbaik untuk menemuakan penjual yang terpecaya dan aman adalah melalui rekomendasi sumber terpercaya.

Kedua, Ragu. Ketika kamu ragu dalam produk yang ditawarkan, silakan ditinggalkan. Seringkali penawaran yang di tautan ke email atau postingan menjadi cara menipu untuk mencari informasi tentang Anda atau menyebarkan virus ke dalam perangkat Anda.

Ketiga, Informasi pribadi. Ketika melakukan pembayaran online pastikan kamu waspada dalam melakukan pemberian data informasi dalam transaksi. . Pastikan Anda merasa penjual memang hanya perlu meminta data tersebut. Ingat bahwa Anda hanya perlu mengisi beberapa bagian yang diminta saat checkout.

Keempat, Metode pembayaran. Gunakanlah metode pembayaran yang aman. Umum metode pembayaran yang aman dan seringkan gunakan adalah Kartu Kredit, karena pembeli perlu mencari kredit dari penerbit kartu (bank) bila produk tidak terkirim atau bukan barang yang dipesan.

Kelima, Bacalah kebijakan pengembalian dan lainnya dari toko online tersebut, agar Anda tahu pasti apa yang akan terjadi jika pembelian tidak sebagaimana yang direncanakan.

Keenam, Periksa kembali rincian yang Anda beli sebelum melakukan konfirmasi pembayaran. Seperti: Produk, Warna, Jumlah, Alamat Anda dan sebagainya.

Ketujuh, Marketplace. Guanakan marketplace untuk melakukan pembelian online. Seperti: Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee dan sebagainya.

Kedelapan, Log out. Pastikan Anda akun disitus telah keluar (log out), setelah melakukan belanja online. Sangat disaran bagi Anda yang menggunakan perangkat umum.

Kesembilan, Koneksi Internet. Pastikan Anda menggunakan jaringan internet yang aman dan tidak menggunakan jaringan Wi-Fi yang tidak dikenal atau tidak aman.

Kesepuluh,  Harga. Jika memungkinkan pastikan harga produk yang dijual tidak jauh berbeda dari toko-toko lainnya.

Demikianlah dari artikel ini mengenai "Tips Belanja Online Agar Aman", Saya sendiri lebih suka melakukan pembelian online menggunakan marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan lain-lainya sebagai sarana pembelian karena lebih aman.

 
Copyright © 2018 Info Membosankan - All right reversed | Powered by Blogger