Home / Android / Solusi Membersihkan Virus pada Smartphone Android

Solusi Membersihkan Virus pada Smartphone Android

Solusi Membersihkan Virus pada Smartphone Android
*Image: accelerator-origin.kkomando.com
Android saat ini merupakan sistem operasi berbasis linux yang paling banyak digunakan pada smartphone. Android banyak di gunakan pada smartphone dikarena sistem operasi tersebut bersifat open source yang dikembangkan oleh Google. Sehingga banyak produsen smartphone menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Meskipun sistem operasi Android di kembangkan oleh perusahaan dibidang internet terbesar dan ternama, bukan berarti sistem operasi Android aman dari ancaman atau terkena virus. Oleh karena itu, pada postingan ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membersihkan virus yang terdapat di smartphone android secara tuntas.

Smartphone yang terkena virus bisa menjadi masalah yang serius, ancamannya tidaklah main-main mulai dari membuat smartphone lambat, aplikasi-aplikasi tidak bekerja secara maksimal dan lebih buruk lagi bisa mencuri data-data pribadi Anda.

Jika Anda sering menggunakan smartphone untuk melakukan transaksi online, atau menggunakan untuk menyimpan data-data sangat pribadi saya mensarankan smartphone Anda telah terhindari dari virus-virus berbahaya.


Berikut ini solusi membersihkan virus pada smartphone Android:


Menginstall Antivirus

Jika virus pada smartphone Anda tidak begitu parah, maka langkah pertama ialah mengintall antivirus. Lakukan penscanan di aplikasi antivirus untuk membersihkan  smartphone dari bahaya virus.

Jika virus telah dibersihkan dari smartphone Anda, sering-seringlah melakukan update antivirus agar terhindar dari bahaya virus-virus yang sedang berkembang.

Menghapus Aplikasi yang bermasalah

Setelah  melakukan proses pembersihan virus selesai, langkah selanjutnya ialah menghapus atau uninstall aplikasi yang bermasalah. Anda dapat mengetahui aplikasi apa saja yang terkena virus melalui list aplikasi setelah proses scanning antivirus selesai.

Untuk melakukan penghapusan atau uninstall aplikasi bisa dengan touch aplikasi dan tahan, kemudian drag ke uninstall aplikasi atau bisa melalui Pengaturan > Aplikasi > Cari aplikasi yang akan di uninstall > Uninstall aplikasi.

Jika setelah melakukan penghapusan aplikasi yang bermasalah ini, smartphone masih mengalami masalah yang tidak wajar.  Maka solusi yang terakhir adalah reset factory.

Reset Factory (Mengembalikan ke setting pabrik)

Proses ini merupakan cara yang cukup ampuh, dikarena smartphone akan kembali kedalam keadaan awal (pabrik). Untuklah Anda harus membackup terlebih dahulu data-data yang penting ke memeri eksternal atau penyimanan internet.

Untuk melakukan reset factory pada smartphone android sebagai beriukut: Pengaturan > Buat cadangan & setel ulang > Setelan pabrik.  Jika Anda sekaligus ingin menghapus data di memori eksternal (Kartu SD) silakan di centang kemudian touch Setel ulang.

Saya ingatkan kembali pastikan bahwa Anda sudah membackup data penting yang terdapat di penyimpanan !!!

 
Copyright © 2018 Info Membosankan - All right reversed | Powered by Blogger