Home / Komputer / Cara Merawat Hardisk Laptop agar Awet dan Tahan Lama

Cara Merawat Hardisk Laptop agar Awet dan Tahan Lama

Laptop atau komputer pada dasarnya memiliki  beberapa komponen utama, salah satunya ialah Harddisk. Harddisk memiliki fungsi sebagai tempat penyimpan system  atau data agar komputer dapat digunakan.  Oleh karena itulah harddisk harus di rawat dengan baik agar  awet dan terhindar dari kehilangan data-data penting dikarenakan harddisk rusak.

Selain itu harddisk pada laptop  memiliki harga yang lumayan mahal, sehingga bisa membuat dompet menipis bagi kalangan menengah maupun kalangan kebawah. Untuk itu, daripada Anda repot mengeluarkan dana hanya untuk harddisk, maka ketahuilah cara merawat harddisk laptop agar awet dan tahan lama. 

Cara Merawat Hardisk Laptop agar Awet dan Tahan Lama
*Image: baca.co.id

Berikut ini langkah-langkah merawat harddisk agar tidak cepat rusak:

1 Hindarilah Laptop dari Guncangan

Laptop memiliki bentuk yang fleksibel sehingga dapat dibawa ke mana-mana. Oleh karena itu sebaiknya Anda harus menjaga dan menyimpan laptop dengan baik.  Di karenakan guncangan berpontensi membuat perangkat keras laptop bisa rusak, utamanya pada harddisk.

 Hindarilah, laptop terkena guncangan saat membawa laptop berpergian ke tempat kerja, sekolah dan lain-lain. Apalagi perangkat masih dalam keadaan menyala  dan Anda membawa laptop tanpa dimatikan terlebih dulu.

2 Hindarilah Penggunaan yang Mengganggu Sirkulasi  Laptop

Jika Anda sering menggunakan laptop diatas kasur, sebaiknya mulai sekarang kurangi penggunaan laptop diatas kasur karena dapat mengganggu sirkulasi panas laptop.  Dan gunakan laptop ditempat yang tidak mengganggu  sirkulasi  panas, karena apabila sirkulasi panas laptop tersendat dapat mempengaruhi perangkat hard disk.

3. Tidak Menyimpan Banyak Data

Kapasitas penuh pada hard disk dapat membuat bekerja lebih ekstra. Jika penyimpanan hard disk penuh, sebaiknya kurangi kapasitas hard disk agar tidak penuh dengan memindahkan file-file ke tempat penyimanpan (hard disk) eksternal. 

4. Hapus Data tidak Perlu secara Permanent

Banyak orang tidak mengetahui bahwa menghapus data (file) dengan menekan tombol del atau klik kanan > delete, sebenarnya file tersebut akan tersimpan pada Recycle Bin. Jika tidak diperhatian dapat menumpuk banyak dan membebani partisi hard disk.

Oleh karena itu hapuslah dengan menggunakan tombol shift + del, atau klik kanan pada Recycle Bin pilih "Empty Recycle Bin" untuk menghapus file secara permanent. Selain itu hapus juga data temporary file, log dan lainnya, dengan menggunakan disk clean atau menggunakan aplikasi dari pihak ke-tiga salah satunya, CCleaner.

5. Defrag Hard Disk

Data yang terlalu banyak dapat menurunkan kemampuan hard disk, oleh karena itu melakukan fragmentasi  hard disk cukup penting.  Fragmentasi adalah untuk menata file-file di hard disk agar rapi sehingga  tidak ada ruang kosong diantara file-file tersebut. Selain itu fragmentasi juga membuat proses read  and write lebih baik.

6. Mematikan Laptop dengan Benar

Meskipun terlihat sepele, mematikan laptop dengan baik juga mencegah kerusakan hard disk. Pada saat laptop dinyalakan hard disk akan bekerja, saat laptop dimatikan secara paksa (menekan tombol power) akan menyiksa hard disk yang sedang memproses atau membaca data program. Oleh karena itu, lakukan dengan men-shut down  terlebih dahulu pada system operasi untuk mematikannya.

7. Gunakan Anti-Virus

Banyak virus yang dapat memicu potensi masalah pada hard disk. Oleh karena itulah, pasang anti-virus demi keamanan hard disk dan pastikan antivirus di update selalu. Jangan gunakan lebih dari dua antivirus karena bisa memperlambat system operasi.

Demikianlah dari postingan ini mengenai "cara merawat hard disk laptop agar awet dan tahan lama", jika Anda memiliki cara lain untuk merawat hard disk laptop jangan sungkan untuk memberitahu melalui komentar. Terima Kasih.

 
Copyright © 2018 Info Membosankan - All right reversed | Powered by Blogger