Home / Android / Cara Ampuh Mengatasi Bootloop di Smartphone Android

Cara Ampuh Mengatasi Bootloop di Smartphone Android

Cara mengatasi bootloop - Bagi sebagian orang akan kebinggungan jika smartphone yang digunakan tiba-tiba mengalami bootloop, perangkat tidak dapat masuk ke dalam system melainkan hanya menampilkan sebuah logo Android atau logo vendor secara berulang-ulang.

Cara Ampuh Mengatasi Bootloop di Smartphone Android
*Image: www.maketecheasier.com

Jika smartphone Anda mengalami hal tersebut, jangan langsung panik dan membawa smartphone ke tukang service. Mungkin Anda bisa mengatasinya sendiri masalah bootloop pada smartphone tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya ke service handphone.

Pada dasarnya bootloop memiliki tiga jenis yaitu: Light Bootloop (ringan), Medium Bootloop (sedang) dan Hard Bootloop (parah). Berikut ini cara untuk mengatasi smartphone Android yang terkena bootloop:

Light Bootloop

Tingkat ini merupakan masalah yang ringan, biasanya terjadi dikarena kesalahan atau ketidaksengajaan pengguna dalam mengoperasikan file atau aplikasi tanpa melalui recovery mode. Sehingga hal tersebut membuat smartphone tiba-tiba me-reset sendiri dan tidak dapat masuk ke awal.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda matikan terlebih dahulu smartphonenya dan kemudian lepas baterainya. Ini agar smartphone mendapatkan kestabilan dan jangan langsung di pasang kembali baterainya. Tunggu beberapa menit, kurang lebih 10 menit kemudian pasang kembali baterai tersebut dan nyalakan smartphonenya.

Medium Bootloop

Tingat ini merupakan masalah yang sedang, biasanya terjadi karena  berlebihan melakukan perubahan kecil pada system, seperti halnya melakukan rooting. Secara default sistem sudah dilindungi sehingga apabila terjadi masalah maka bisa mengakibatkan bootloop.

Untuk mengatasi masalah ini, salah satunya dengan cara mengembalikan ke settingan pabrik (factory reset). Bagaimana cara melakukan factory reset sedangkan tidak bisa masuk ke sistem? Dengan masuk ke recovery mode pada smartphone.

Untuk masuk ke recovery mode, tiap jenis dan merek smartphone memiliki cara yang berbeda-beda, silakan Anda mencari cara masuk ke recovery mode di Google yang sesuai dengan smartphone Anda. Dan ada juga beberapa smartphone yang membutuhkan media Komputer maupun Laptop.

Hard Bootloop

Bootloop jenis ini merupakan masalah yang berat atau sudah tingkat parah, dikarena terdapat gangguan pada sistem (software) yang dibutuhkan oleh smartphone. Hal ini biasanya terjadi kesalahan saat melakukan penggantian Stock ROM, Meng-upgrade sistem operasi maupun pada saat meng-compli aplikasi. Sehingga dari aktivitas tersebut membuat smartphone tidak bisa booting dan macet total.

Sehingga untuk mengatasinya harus melalui install ulang atau melakukan flashing ROM pada smartphone dengan media komputer/laptop. Sebelum melakukannya, Anda harus ketahui bahwa perbedaan tipe dan merek smartphone mempengaruhi cara proses penginstalan.


Dapat di simpulkan bahwa untuk mengatasi bootloop pada smartphone dengan mengembalikan sistem keadaan semula. Semoga dengan artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih.

 
Copyright © 2018 Info Membosankan - All right reversed | Powered by Blogger