Home / Android / Penyebab Smartphone Android Panas

Penyebab Smartphone Android Panas

penyebab smartphone android memanas

Smartphone Android Panas – Ada beragam aplikasi yang seru di Android, itu sering kali membuat pengguna lupa terhadap waktu. Telebih lagi jika sedang melakukan chatting atau berintraksi di sosial media, bahkan dapat membuat emosi jika terganggu. Selain gangguan dari orang lain, terlalu asyik bermain terkadang akan terganganggu yang disebabkan oleh Android panas.

Bagaimana Smartphone Android panas? Smartphone panas dikarenakan adanya gerakan perangkat keras (hardware) di dalam dan menghasilkan daya listrik. Misalnya, saat bermain game, secara otomatis akan menuntut daya listrik yang lebih banyak.

Kesimpulannya adalah semakin banyak aplikasi yang dijalankan pada Android maka makin besar pula kekuatan daya yang di butuhkan untuk menjalankan tugas tersebut, sehingga pada akhirnya dapat membuat smartphone memanas.

Jangan mengatakan buruk dahulu kepada produsen Android yang Anda miliki, hanya karena Smartphone Android cepat memanas. Selain itu ada beberapa faktor penyebab lain yang membuat smartphone panas, yaitu:

Panas disebabkan oleh Processor

Chipset Snapdragon 810 atau Snapdragon 615 merupakan chipset yang bermasalah. Apabila Smartphone Android sering memanas, ada kemungkinan smartphone menggunakan salah satu diantara kedua prosesor tersebut.

Panas disebabkan oleh Baterai

Baterai dapat menyebabkan Smartphone menjadi panas. Baterai yang berjenis Lithium pada Smartphone metal dengan badan ramping (thermal runaways), sehingga mudah mengalirkan suhu panas dari baterai pada body smartphone.

Panas disebabkan oleh Jaringan

Smartphone panas bisa juga dikarenakan oleh jaringan operator seluler yang sedang digunakan. Jaringan yang (signal) buruk dapat membuat modul antena bekerja semakin keras untuk mencari jaringan, hal ini akan menjadikan bagian belakang naik suhu panasnya. Maka dari itulah ketika berada di pesawat, diharuskan untuk mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode. Selain untuk keselamatan, bermanfaat untuk mencegah modul antena melakukan pencarian sinyal di ketinggian.


Panas disebabkan oleh Aplikasi

Aturlah berbagai aplikasi yang ada di smartphone android agar menjadi mode terendah, ini agar tidak menjadikan overheat, terkecuali disaat yang membutuhkan, namun sebaiknya tidak terlalu lama.

Baca juga: Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Panas disebabkan oleh Sistem Operasi

Memperbaharui sistem dilakukan untuk memberi pembaruan pada masalah atau menambahkan fitur-fitur baru pada Smartphone. Panas dapat terjadi dikarenakan ada sebuah bug atau masalah pada sistem operasi tersebut.

Panas disebabkan oleh Charge

Jangan menggunakan smartphone yang baterai-nya masih belum penuh ketika proses pengisian baterai (chanre). Melakukan hal tersebut akan memaksa baterai bekerja lebih ekstra, lalu pada akhirnya smartphone memanas. Selain hal itu, usahakan tidak membiarkan baterai smartphone sampai habis atau sampai mati karena tidak di charge. Karena hal ini bisa memperpendek usia baterai.

Ketika smartphone tidak digunakan, memiliki suhu yang normal berkisaran 30 C hingga 35 C, tetapi saat smartphone dalam keadaan aktif browsing, charging atau pun sedang chatting, maka suhu normal smartphone pada umumnya berkisaran 35 C hingga 45 C.

Ketahuilah suhu panas normal smartphone. Ketika menjalankan beberapa aplikasi sekaligus atau menjalankan game berat maka akan membutuhkan kinerja prosesor yang makin besar, suhu smartphone Android panas yang dialami juga makin tinggi.

Rata-rata smartphone android masih bisa mampu menanggulangi suhu panas yang mencapai 80 C. Namun jika panas berlebihan sehingga membuat telapak tangan tak nyaman, maka hal tersebut sudah tak wajar. Usahakanlah untuk memantau terus suhu smartphone dengan menggunakan aplikasi, misalnya “CPU Temperature”.

 
Copyright © 2018 Info Membosankan - All right reversed | Powered by Blogger