Home / Android / Cara Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone Android Yang Lambat

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone Android Yang Lambat

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone Android Yang Lambat

Smartphone yang sudah lama digunakan, akan terasa lebih lambat dari sebelum-sebelumnya dan selain itu smartphone yang lambat akan cepat crash. Apalagi jika harga smartphone yang Anda miliki mencapai puluhan juta rupiah. Sebaiknya segera mencari tau penyebabnya terjadi penurunan kinerja smartphone tersebut. Tentu akan tidak nyaman jika Smartphone Android sebentar-sebentar crash dan semakin lambat sehingga membuat Anda terganggu.

Kinerja yang lambat pada smartphone ini sering terjadi jika sudah memakainya setelah bertahun-tahun atau berbulan-bulan baru terasa penurunan kinerja pada Smartphone Android tersebut. Oleh karena itulah Info Membosankan menulis arikel mengenai "Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android yang Lambat". Jika smartphone yang Anda miliki sudah terasa ada penurunan kinerja, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini agar kinerja smartphone kembali normal dan tidak lelet.

Berikut Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android yang Lambat


Mengupdate Operati System

Banyak orang yang tidak melakukan pembaruan sistem operasi dikarena membutuhkan waktu yang agak lama sehingga membuat mereka malas melakukannya. Sebetulnya pembaruan sistem operasi bisa dikatakan wajib bagi pengguna smartphone.

Meskipun pembaruan sistem operasi membutuhkan koneksi internet (data) yang besar. Namun Anda dapat memanfaatkan jaringan yang gratis disekitar Anda, misalkan: Wi-Fi, Hotspot dari teman, dan sebagainya.

Untuk melakukan pembaruan sistem operasi, melalui menu Setting > About Device > Software (sistem operasi) Update. Pembaruan sistem operasi ini biasanya memperbaik bug (masalah-masalah) yang terjadi pada versi sistem operasi sebelumnya.

Bersihkan Home Screen

Jangan biarkan home screen (layar utama) di smartphone android Anda memiliki shortcut yang banyak dan tidak terlalu penting karena shortcut dapat membuat kinerja smartphone menurun.


Hapuslah aplikasi-aplikasi yang tidak sering pakai, selain itu sebaiknya Anda menghindari penggunaan wallpaper yang bersifat animasi (gerak), karena dapat membuat smartphone berkerja dengan kinerja lebih banyak dibanding dengan menggunakan wallpaper biasa.


Bersihkan Cache Pada Aplikasi

Seperti halnya aplikasi pada komputer maka pada Android-pun sama yaitu karena aplikasi akan menyimpan data cached yang berfungsi agar bisa dibuka lagi dengan cepat. Memang manfaat dari data cached ini bagus, namun jika dibiarkan terus menerus maka data cached akan menumpuk. Itu dalam satu aplikasi, apalagi jika ada data cached dari berbagai macam aplikasi.

Data cached ini akan tersimpan pada memori Smartphone Android sehingga lama kelamaan kinerja Smartphone Android akan melambat. Untuk menghapusnya, masuk ke menu Settings > Aplikasi dan pilih aplikasi yang menyimpan terlalu banyak cache. Setelah ditemukan silakan tap Clear Cache. Jika Anda tidak mau repot untuk sekedar membersihkan cache, Anda bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, salah satunya Clean Master.

Melakukan Factory Reset

Langkah ini merupakan langkah yang cukup baik untuk memaksimalkan kembali kinerja Smartphone Android Anda. Dengan cari ini "Factory Reset" maka Smartphone Android akan dikembalikan ke kondisi awal/semula seperti pertama kali membelinya. Namun sebelumnya melakukan cara ini disarankan untuk membackup data-data yang ada di Smartphone. Di karena data atau aplikasi yang terdapat di smartphone akan di hapus semua oleh sistem dan sistem di smartphone akan dikembalikan kedalam kondisi settingan pabrik.

Dari keempat cara tersebut bosan lebih suka menggunakan aplikasi pihak ke tiga (Clean Master), karena di aplikasi tersebut memiliki berbagai macam fitur seperti menghapus cache, mengoptimalkan RAM (mematikan aplikasi yang berjalan), antivirus dan banyak lagi fitur-fiturnya. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

 
Copyright © 2018 Info Membosankan - All right reversed | Powered by Blogger